Paket Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Pramuka ialah pulau terpenting di Kepulauan Seribu karena di Pulau Pramuka inilah terdapat kantor Bupati Kepulauan Seribu. Sangat tepat berwisata ke pulau ini saat liburan karena suasananya yang tak seramai tempat wisata di Pulau Seribu lainnya.

pulau pramuka

Bagi Anda penghobby wisata pantai yang kerap berkunjung ke kawasan Kepulauan Seribu apakah Anda juga pernah singgah ke obyek wisata Pulau Pramuka? Tak hanya menyimpan destinasi wisata yang menarik, di pulau inilah pusat aktivitas pemerintahan dan administrasi Kecamatan Kepulauan Seribu dilakukan. Pulau wisata Pramuka tepatnya terletak di Kelurahan Pulau Panggang yang berada di tengah-tengah deretan gugusan Kepulauan Seribu. Pulau seluas 9 hektar dengan penduduk sekitar 1000 jiwa ini sangat cocok menjadi lokasi rekreasi sekaligus bersantai karena suasananya yang tenang.

Berlibur ke Pulau Pramuka

Di antara pulau-pulau wisata lain, pulau ini tergolong salah satu yang penting sekaligus cukup nyaman sebagai destinasi liburan. Alasannya adalah tersedianya fasilitas umum yang lengkap bila dibandingkan pulau-pulau lain di sekitarnya. Fasilitas umum dimaksud adalah, dermaga, tempat penginapan berupa guest house, toko-toko termasuk kios-kios souvenir dan oleh-oleh, rumah makan dan warung tenda, tempat ibadah, dan lain-lain. Pulau Pramuka juga telah dilengkapi dengan sarana umum bagi masyarakat setempat seperti kantor polisi, kantor pemerintahan, hingga sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Obyek wisata Pulau Pramuka

Bila pada liburan akhir pekan atau lebaran di tahun ini Anda berniat melancong ke pulau wisata Pramuka, beberapa obyek wisata ini tak boleh Anda lewatkan:

Penangkaran ikan hiu

Seperti yang sudah banyak diketahui ada beberapa jenis hewan buas ikan hiu yang keberadaannya mulai langka di alam bebas. Satwa langka tersebut berhabitat di perairan Indonesia, inilah sebabnya pihak berwenang mendirikan kawasan konservasi ini untuk melindungi ikan hiu dari kepunahan. Selain menjadi tempat penangkaran di sini pengunjung juga bisa menyaksikan dari dekat hewan-hewan buas ini. Tak hanya melihat dari dekat, Anda juga mengambil foto ikan tersebut.

Untuk menarik minat wisatawan penangkaran hiu Pulau Pramuka juga menawarkan atraksi wisata yang seru yaitu berenang bersama ikan hiu dengan disertai pemandu tentunya. Bila Anda berminat patuhi apa yang dikatakan oleh pemandu Anda. Demi keamanan saat berenang tak boleh melakukan gerakan yang tiba-tiba dan bisa mengejutkan hewan tersebut. Walaupun terjamin keamanan atraksi ini tetapi sikap waspada tak boleh diabaikan mengingat ikan hiu adalah hewan liar dan buas.

Pengunjung yang memiliki luka yang masih basah pada tubuhnya juga tak diperbolehkan untuk turut serta pada aktivitas ini. Penyebabnya, naluri berburu ikan hiu bisa muncul saat mencium aroma darah, bahkan dalam jumlah yang sedikit. Hewan-hewan eksotis tersebut bisa berubah liar dan agresif. Selain tak boleh membuat gerakan tiba-tiba wisatawan juga tak diperkenankan untuk berenang terlalu dekat dengan satwa tersebut.

Penangkaran penyu sisik

Selain penangkaran ikan hiu, di Pulau Pramuka juga ada penangkaran penyu sisik. Penyu-penyu tersebut ditetaskan oleh para petugas di penangkaran kemudian dilepas-liarkan di pantai untuk kembali ke laut. Proses pelepasan bayi-bayi penyu yang disebut tukik ini menjadi atraksi wisata yang seru terutama bagi anak-anak yang bisa menyaksikan secara langsung perjalanan bayi penyu kembali ke habitat aslinya.

Yang penting untuk diingat di sini adalah pengunjung dilarang mengganggu hewan-hewan yang masih rentan tersebut, apalagi memegangnya sembarangan. Penyu sisik kian jarang ditemukan di alam liar karena berbagai penyebab, salah satunya adalah ulah manusia yang memburu penyu-penyu dewasa baik untuk konsumsi atau diawetkan sebagai hiasan hingga mencuri telur-telur penyu di pantai.

Selain berwisata alam pantai, di Pulau Pramuka ini Anda juga bisa sekaligus berwisata edukasi untuk menambah wawasan.

Selain Pulau Tidung, Kepulauan Seribu sesungguhnya memiliki banyak pulau wisata lainnya, misalnya Pulau Pramuka. Pulau tersebut juga merupakan pusat pemerintahan dan administrasi Kecamatan Kepulauan Seribu. Di pulau ini selain menikmati wisata alam pantai Anda juga bisa sekaligus berwisata edukasi dengan mengunjungi kawasan penangkaran ikan hiu langka serta penyu sisik. Bila beruntung datang saat pelepasan bayi penyu ke laut Anda juga boleh turut berpartisipasi pada acara yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah satwa liar ini di alam bebas.

Sejarah Pulau Pramuka

Sebelum diberi nama Pramuka dahulu penduduk setempat menyebut pulau ini dengan Pulau Elang atau Lang. Alasannya konon di sini dahulu merupakan habitat burung elang bondol pada sekitar tahun 80-an. Sayangnya burung yang menjadi lambang Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini sekarang telah semakin langka keberadaannya seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang menjadikan pulau ini sebagai pemukiman.

Nama Pulau Pramuka sendiri diambil dari banyaknya aktivitas kepramukaan yang kerap digelar di pulau ini antara tahun 50 hingga 70-an. Sebelum didirikan Bumi Perkemahan Cibubur, lembaga Kepramukaan sering mengirim anggotanya ke pulau ini untuk berlatih berbagai ketrampilan di alam. Di kawasan  pemukiman etnis mayoritas di pulau ini adalah Betawi, menyusul berikutnya Banten, Madura, dan Bugis. Agama mayoritas adalah agama Islam dan di tempat kedua adalah Katolik.

Profesi yang mendominasi di tempat ini dahulu adalah nelayan, namun semakin beragam seiring perkembangan zaman. Apalagi  pulau ini kian populer sebagai tempat wisata sehingga berbagai profesi yang berkaitan pun turut berkembang pesat. Contohnya, pengelola guest house, pengusaha tour and travel, pengusaha kuliner, pemandu wisata, dan lain-lain. Sebagai pusat pemerintahan, sarana dan prasarana di pulau wisata ini juga cukup lengkap bila dibandingkan deretan pulau lain di Kepulauan Seribu.

Aktivitas wisata di Pulau Pramuka

Selain berwisata pantai dengan menikmati jernihnya perairan di pulau wisata Pramuka Anda juga bisa mencoba snorkeling dan diving. Pemandangan bawah laut Pulau Pramuka terkenal akan keindahannya apalagi dengan terumbu karangnya yang berwarna-warni dan terdiri dari beragam jenis. Spot wisata bawah laut yang banyak didatangi wisatawan adalah Poso Wreck yang berada di Karang Congkak, di dekat Pulau Panggang.

Di pulau wisata ini juga terdapat Dive Center Elang Ekowisata, yaitu sebuah Diving Center atau pusat kegiatan selam. Bagi penghobby memancing Anda harus mencoba skil memancing Anda di dermaga pulau wisata ini yang berada di bagian paling depan pulau. Anda mungkin akan ditawari oleh nelayan sekitar untuk mengantar Anda ke spot memancing dengan perahu ke darah yang banyak ikannya. Untuk fasilitas tersebut Anda harus merogoh kocek mencapai 450 ribu rupiah untuk tarif pulang pergi.

Untuk menambah keseruan liburan ke Pulau Pramuka apalagi bila melancong bersama teman-teman cobalah water sport banana boat yang disediakan oleh pengelola. Tarif sewa perahu karet berbentuk pisang ini adalah 30 hingga 50 ribu untuk durasi 20 menit. Anda akan diajak berkeliling pulau dengan ditarik oleh speed boat bersama teman-teman Anda. Di akhir perjalanan pemandu akan menggulingkan perahu karet tersebut hingga semua penumpangnya berjatuhan ke laut. Seru sekali, bukan?

Menutup kunjungan Anda ke Pulau Pramuka, jangan lupa berkunjung ke pusat konservasi atau penangkaran penyu sisik dan ikan hiu. Bila nyali Anda cukup besar cobalah atraksi wisata berenang bersama ikan hiu.

Walaupun  icon wisata Kepulauan Seribu yang selama ini akrab di telinga kita adalah Pulau Tidung, tetapi sebaiknya jangan lewatkan untuk singgah di Pulau Pramuka, yang juga merupakan pusat pemerintahan dan administrasi kawasan tersebut. Pulau wisata ini cocok bagi Anda yang berniat untuk liburan dengan nyaman karena fasilitas umum dan wisata yang tersedia sudah cukup lengkap. Bila berniat untuk berkunjung ke pulau wisata ini sebaiknya baca ulasan berikut ini.

Indahnya pemandangan Pulau Pramuka

Pertama kali menginjakkan kaki ke pulau ini Anda pasti akan terkesiap dengan pantainya yang bersih, pasirnya yang putih dan lembut, serta perairannya yang jernih berwarna biru kehijauan. Pulau wisata Pramuka juga masih tergolong kawasan konservasi terumbu karang sehingga Anda bisa menikmati beragam jenis terumbu karang berwarna-warni saat snorkeling atau diving. Ini pasti menjadi pengalaman liburan yang seru dan mengesankan apalagi Anda dapat mengabadikan momen menyelam dangkal ditemani ikan-ikan yang berenang hilir mudik.

Perlu diketahui bahwa pulau wisata ini juga merupakan pusat pemerintahan dan administrasi Kepulauan Seribu sehingga fasilitas umum yang tersedia cukup lengkap. Misalnya, lapangan olahraga, kantor polisi, tempat ibadah, rumah sakit, restoran, penginapan berupa homestay, sekolah, dan lain-lain. Jadi dibandingkan pulau-pulau lainnya di Kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka adalah yang paling cocok bagi pengunjung yang berniat liburan dengan nyaman.

Aktivitas wisata di Pulau Pramuka

Potensi pariwisata yang besar di pulau ini membuat pengelola kian giat mengadakan berbagai atraksi wisata. Beberapa kegiatan liburan yang bisa Anda lakukan di sini adalah water sport banana boat, sofa boat, kano, dan jetsky. Selain itu tentunya snorkeling dan diving sebagaimana disinggung sebelumnya. Tak perlu khawatir bagi yang belum pernah mencoba atau bahkan tak bisa berenang karena Anda akan didampingi oleh pemandung professional dan berpengalaman.

Selain itu Anda juga akan mengenakan rompi pelampung sehingga dijamin anti tenggelam. Selain itu Anda hanya perlu memperhatikan perintah instruktur dan menikmati sensasi selam dangkal ditemani berbagai satwa laut. Siapa tahu Anda beruntung dan bisa bertemu dengan penyu sisik berukuran besar saat snorkeling. Saat melakukan aktivitas wisata tersebut perlu diingat untuk tidak mengganggu hewan-hewan di sekitar Anda, merusak terumbu karang, atau perbuatan yang merusak lingkungan lainnya.

Di sore hari jangan lewatkan menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di pantai Pulau Pramuka. Momen romantis tersebut juga sering dimanfaatkan sebagai latar foto prewedding oleh pasangan calon pengantin. Bagi penggemar fotografi, jangan lupa membawa perangkat kamera kesayangan Anda untuk mengabadikan momen ajaib tersebut. Selanjutnya di malam hari Anda dan teman-teman bisa berpesta barbeque di tepi pantai sambil menikmati taburan bintang di langit juga cahaya bulan yang terpantul cantik di air.

Anda bisa berlibur secara mandiri ke pulau wisata Pramuka ini untuk menghemat dana liburan atau dengan paket wisata dari jasa tour organizer. Yang terakhir ini cocok bagi mereka yang ingin liburan dengan nyaman, praktis, dan tak perlu repot-repot mempersiapkan segalanya sendiri. Tour organizer akan mempersiapkan berbagai keperluan liburan Anda mulai dari transportasi menuju ke dan kembali dari pulau dengan speed boat, akomodasi penginapan, makan, aktivitas liburan, dokumentasi, dan sebagainya.

Penyedia paket wisata Pulau Pramuka, umumnya menyediakan paket liburan one day tour, dua hari satu malam, tiga hari dua malam, paket bulan madu, paket outing kantor, dan lain-lain. Pilihlah sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana. Semoga bermanfaat!

Lokasi Pulau Pramuka yang sangat strategis secara geografis sangat tepat untuk di jadikan sebagai tujuan tempat wisata anda selama mengisi waktu liburan weekend atau liburan nasional lainnya.

Banyak sekali terdapat pemandangan pantai yang sangat eksotis di Pulau Pramuka yang bisa anda lihat dan abadikan bersama keluarga, rekan kerja dan handai taulan lainnya.

Kami sebagai biro wisata di Pulau Pramuka sangat merekomendasikan Pulau Pramuka untuk setiap pelanggan kami yang mau berlibur dengan biaya yang murah, pas untuk rombongan dan tentu saja kami suguhkan pelayanan yang baik dan profesional

Di Pulau Pramuka anda bisa menginap di penginapan bergaya resort yang sangat nyaman dan aman. Penginapan di Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang sangat lengkap sama seperti tempat wisata lainnya di Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Harapan.

Fasilitas akomodasi di Pulau Pramuka untuk setiap penginapannya antara lain adalah: AC, kamar mandi, dispenser, televisi, kamar tidur dan teras (untuk beberapa penginapan).

Anda bisa menentukan lokasi penginapan di Pulau Pramuka di dekat pantai atau bisa pula di tempat sekitar tempat tinggal penduduk Pulau Pramuka. Kami tunggu kedatangan anda di Pulau Pramuka.

Aktivitas wisata di Pulau Pramuka cukup beragam, malah hanya di Pulau Pramuka saja anda bisa mendapatkan aktivitas yang unik yakni dengan mengunjungi pusat penangkaran penyu sisik Pulau Pramuka.

Aktivitas seru di Pulau Pramuka lainnya adalah: snorkeling, main banana boat, memancing, diving, berphoto, melihat penangkaran penyu sisik atau berjalan-jalan di sekitar pantai Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka sangat tepat bagi anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian, oleh karena itu maka Pulau Pramuka ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat honey moon anda.

Harga Paket Wisata ke Pulau Pramuka

Kami sediakan paket wisata ke Pulau Pramuka dengan pilihan yang lengkap, harga yang murah (bisa di sesuaikan dengan budget wisata) serta banyak program-program promosi wisata lainnya:

 

Peserta Paket One Day Tour Pulau Pramuka
via Fery Fasilitas
2 Rp. 800.000 Fasilitas :

  • ➡ Tiket Kapal Pulang dan pergi Pulau Pramuka – Marina ancol PP
  • ➡ Welcome Drink
  • ➡ Makan Siang 1x
  • ➡ Kujungan pengkaran hiu  pengkaran Penyu
  • ➡ Alat Snorkling
  • ➡ Jelajah Pulau semak dan pulau air
  • ➡ Banana boat
  • ➡ Fhoto dokumentasi Underwater
  • ➡ Service Local Guide
  • ➡ Kapal boat snorkling
  • ➡ Penginapan Untuk Tempat Singah sejenak  dan Bilas
3 Rp. 750.000
5 Rp.650.000,-
6 Rp.650.000,-
7-10 Rp.550.000,-
11-15 Rp.530.000,-
> 16 Rp.510.000,-
[spoiler title=”Susunan Acara Paket One day Tour Pulau Pramuka “]

Acara Paket Wisata One Day Tour Pulau Pramuka

07.00 – 07.15 Kumpul di pelabuhan Marina Ancol
07.15 – 08.00 Cari PW (posisi wuenaak) di dalam Kapal
08.00 – 09.00 Kapal berangkat menuju Pulau Pramuka
09.00 – 10.00 Tiba di Pulau Pramuka – Welcome Drink dilanjutkan Dengan makan siang
10.00 – 13.30 Snorkling ke Pulau air dan kujungan Pulau ke semak daun serta ke pengkaran hiu di nusa keramba
13.30 – 14.00 kujungan ke pangkaran Hiu di lajutkan banana boat
14.00 – 14.20 Mandi , Persiapan Untuk Pulang
14.20 – 14.25 Menuju & ngumpul di dermaga Pelabuhan Pulau Pramuka
14.25 – 15.30 Cari ‘PW’ di Kapal
14.30 – 15.30 Perjalanan ke Marina Ancol
15.30              tiba di Marina Ancol.   Sayonara…

[/spoiler]